Saat anda sobat corner, berkendara dalam mobil dan menghidupkan ac mobil tentunya anda juga mengatur tombol atau knop pengaturan kecepatan laju angin pada panel ac mobil, entah anda senang mengatur pada posisi kecepatan angin rendah ataupun pada posisi full maksimal agar mendapatkan angin kencang. Tetapi pernahkah anda mengetahui sebenarnya alat yang mana atau bagaimana bentuk dan fungsi kerja alat tersebut, sehingga anda dapat merasakan laju putaran angin ac mobil sesuai dengan yang anda inginkan. Nah sobat corner, pada kesempatan kali ini saya ingin membahasa dan mengenalkan fungsi kegunaan dari Resistor Blower atau yang biasa juga disebut Westarn Blower pada komponen spare part ac mobil. Berikut beberapa hal yang dapat saya sampaikan, harap disimak dan semoga dapat bermanfaat yah sobat:
Resistor Blower atau Westarn Blower adalah alat yang berfungsi sebagai pengaturan laju kecepatan angin kipas pada ac mobil yang didalamnya terdapat kumparan (lilitan kawat tahanan) atau hambatan tahanan (bisa berupa dioda tahanan) yang dibagi dalam beberapa kelas pengaturan (misalnya angin 1 (low/kecil), angin 2 (medium/sedang) dan angin 3 (high/maksimal/kencang), maksud dari kelas pengaturan disini adalah apabila hambatan atau lilitan kawat tahanan besar atau banyak maka laju putaran angin menjadi kecil, begitu pula sebaliknya.
Ragam macam bentuk Resistor Blower tiap kendaraan berbeda tiap masing-masing merk tipe mobil, misalnya: bentuk resistor blower biasa, resistor blower keramik, resistor blower elektrik, dan lain sebagainya, akan tetapi semua bentuk tersebut tetap dengan fungsi yang sama yaitu mengatur laju kecepatan angin.
Contoh model resistor blower ac mobil honda CRV:
Faktor kerusakan yang umum dan sering terjadi pada resistor blower adalah putusnya hambatan yang diakibatkan oleh tegangan listrik yang terlalu besar (shout), evaporator ac mobil kotor, atau rusaknya bagian pada komponen resistor blower tersebut. sehingga anda hanya dapat merasakan angin pada laju kipas maksimal atau malah terkadang sampai mati total (tidak ada angin sama sekali).
Perbaikan Kerusakan yang umum dilakukan oleh bengkel ac mobil adalah mencoba untuk mensolder ulang kumparan lilitan kawat dengan kumparan kawat yang baru, tetapi hal ini biasanya hanya bersifat sementara dan juga angin dihasilkan tidak sama dengan seperti aslinya (lebih kecil), jadi sebaiknya adalah anda mengganti resistor blower dengan yang baru dan sesuai dengan mrek asli bawaan mobil. Kerusakan resistor blower yang disebabkan oleh evaporator ac mobil yang kotor sebaiknya lakukan cuci atau service evaporator terlebih dahulu, sebelum anda mengganti komponen resistor blower, jangan hanya mengganti resistor blower tetapi tidak melakukan cuci evaporator. karena hal ini, percuma saja dan resistor blower dapat rusak kembali karena kotoran yang menempel dan menghambat tiupan angin juga membuat evaporator menjadi beku dan berair, karenanya hambatan pada kawat kumparan resistor mudah putus atau rusak.
Cara pengaturan pemakaian ac mobil yang benar adalah langkah terbaik agar anda dapat merawat ac mobil anda dengan baik, untuk lebih jelas mengetahui tata cara pemakaian ac mobil tersebut dapat kalian sobat corner, baca pada artikel sebelumnya yang telah saya tuliskan pada blog dhanz corner kolom ac mobil.