Penggunaan kipas elektrik dan kipas kontrol suhu eletrik jauh lebih banyak digunakan oleh produsen mobil saat ini, karena kipas jenis ini jauh lebih efisien dan lebih menghemat BBM daripada kipas konvensional dan kipas berkopling, akan tetapi perlu juga kita ketahui bahwa kipas ini juga memiliki kekurangan yang bila fatal bisa merusak mesin anda. mengapa demikian, berikut kekurangan dan penyebab kerusakan:
- Tidak ada indikasi rusak, pada mobil niaga (mobil murah) biasanya tidak terdapat indikator kerusakan motor atau akan rusak, sehingga rusak bisa terjadi sewaktu-waktu dan bila kita tidak cepat merespon bisa mengakibatkan suhu tempratur mesin naik dan mesin mobil anda jebol.
- Fuse/sekring atau kabel putus, kerusakan ini yang paling mudah diatasi dan paling minim biaya tetapi perlu cermat juga melihat bila dibiarkan bisa jadi merembet pada komponen lain.
- Relay putus atau tidak berkerja dengan baik, pada mobil mewah umumnya menggunakan sistem relay pada kipas yang berfungsi mengatur laju putaran kipas pada tiap suhu yang berbeda (bila suhu panas maka laju putaran kipas akan lebih cepat), nah celakanya bila relay ini kurang berfungsi kipas tetap berputar tetapi pada suhu tempratur panas kecepatan laju kipas tetap saja alhasil tempratur mesin cepat panas dan tentu berdampak pada mesin.
- Contoh gambar komponen relay:
- Harga yang mahal, pada mobil mewah umumnya menggunakan kipas kontrol suhu elektrik yang mana harganya sangat mahal dibandingan dengan kipas jenis lain, jadi jangan heran jika anda merogoh kocek jutaan rupiah hanya untuk kipas saja.
- Perbaikan yang sulit, berhati-hatilah bila memperbaiki jenis kipas kontrol suhu elektrik ini pada mobil mewah karena sistem elektriknya berkaitan dengan sitem yang lain apabila salah mendeteksi atau salah jalur bisa berakibat error atau rusak pada komponen elektrik yang lain. sebaiknya bawalah kepada bengkel yang berpengalaman dan ahli dalam kelistrikan.
- Sensor indikator air radiator kurang, pada kendaraan mewah terdapat sensor pada radiator mesin dan akan membuat kipas mati apabila air radiator kurang. periksa terlebih dahulu radiator apakah tidak ada kebocoran, bila baik saja maka segera tambahkan air radiator.
- Waspada dan perhatian arah daun kipas, prosedur salah pemasangan malah dapat mengakibatkan tiupan angin yang semestinya meniup ke arah mesin malah meniup ke arah sebaliknya, yaitu radiaotor mesin yang berakibat melawan arus angin ketika mobil jalan dan berdampak suhu tempratur mesin naik darstis tajam (panas tinggi) karena tidak ada tiupan pada mesin.
Beberapa tips perawatan yang mungkin dapat anda lakukan adalah:
- Sering mengecek suhu tekanan tempartur mesin jangan sampai lebih dari separuh pada panel indikator spidometer.
- Sering menambahkan air radiator mesin, tidak lupa mengisi air botol tambah radiator pas pada level full (jangan berlebih).
- Jangan terlalu sering menyalakan mesin mobil dan ac mobil ketika terpakir lama (kondisi mobil diam tidak bergerak), karena mesin yang terpakir lama hanya mengandalkan tiupan dari kipas radiator, berbeda dengan mobil saat bergerak yang mana tiupan angin yang masuk pada bagian depan radiator dapat membantu menuip dan mendinginkan suhu mesin.
Semua kerusakan pada kipas radiator elektrik pastinya berdampak pada ac mobil, karena sistem kerja ac mobil secara garis besar adalah sirkulasi suhu ruangan, sehingga ac mobil tidak dapat berkerja secara maksimal bila tempratur mesin tidak normal dikarenakan kipas radiator rusak contohnya. Baca juga artikel lainnya
Tips merawat radiator mesin mobil